Bekas jerawat bikin wajah bolong, buat mulus

Kalian punya wajah yang banyak bekas jerawatnya? dan bekasnya itu seperti bolong bolong dan cekung cekung di wajah yang membuat kurangnya kepercayaan diri sobat?? bisakah itu kembali mulus? simak yang berikut ini

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre mengatakan bolong-bolong di wajah disebabkan oleh jerawat yang dipencet. Akibatnya, kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut sebagai jaringan parut.

“Ketika jerawat dipencet itu kelenjar minyak di kulit lapisan dalam pecah. Karena pecah akan menimbulkan scar atau luka yang disebut jaringan parut. Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang,” begitu kata dr Darma dalam acara live chat yang digelar detikHealth dan detikForum bertema ‘Menjaga Kulit Awet Muda’ yang digelar di Redaksi detikcom baru-baru ini.

dr Darma mengatakan tidak ada perawatan berupa krim atau losion yang mampu mengembalikan lubang bekas jerawat kembali seperti semula. Luka bekas jerawat yang berlubang terjadi di bagian dalam kulit sehingga obat oles yang hanya menyentuh lapisan luar kulit tidak akan berpengaruh
Meski begitu, dr Darma menjelaskan ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan, namun sifatnya hanya menyamarkan lubang agar tidak terlalu kelihatan. Perawatan menggunakan derma roller dan laser fraksional mampu menembus kulit lapisan dalam dan menyamarkan bekas jerawat.

“Prinsipnya adalah membuat luka baru di tempat bekas jerawat. Penggunaan derma roller dan laser dapat membuat luka baru yang mengakibatkan adanya kontraksi kolagen dan menyamarkan bekas jerawat,” urai dr Darma.

Perawatan kedua adalah subcutaneus incision (teknik subsisi). Seperti dijelaskan sebelumnya, bekas jerawat yang berbentuk cekung terjadi akibat adanya tarikan dari jaringan parut di lapisan kulit dalam. Teknik subsisi memotong jaringan ini untuk mengurangi tarikan dan membuat lubang bekas jerawat tidak terlalu tampak.

Jika tak ingin menggunakan derma roller, laser atau teknik subsisi, dr Darma mengatakan bisa juga menggunakan filler. Filler berupa gel mengisi cekungan di lapisan kulit dalam dan mengangkat kulit yang cekung.

“Tapi sekali lagi, perawatan-perawatan ini tidak bisa mengembalikan tekstur wajah kembali halus dan mulus. Sifatnya hanya menyamarkan untuk membuat bekas jerawat yang berlubang tidak terlalu tampak,” terangnya